PRESIDIUM
GERAKAN MAHASISWA NASIONAL INDONESIA
( G M N I )
Jl. Johar Baru II No.13, Johar Baru, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10560, Indonesia

GMNI: Pancasila Final, Tidak Bisa Diganti Bentuk Dan Ideologi Lain

GMNI: Pancasila Final, Tidak Bisa Diganti Bentuk Dan Ideologi Lain

Maraknya agenda-agenda yang mengarah upaya mengganti dasar dan bentuk negara termasuk agenda yang dilakukan  sejumlah mahasiswa beberapa waktu lalu, merupakan bentuk pengkhianatan terhadap para pendiri bangsa.

"Bentuk negara republik dan dasar negara Pancasila sudah final," kata Ketua Presidium Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Chrisman Damanik di Jakarta, Rabu (26/4).

Chrisman menambahkan, para pendiri bangsa sudah mengorbankan jiwa dan raga untuk berdirinya negara bangsa ini, riwayat panjang perjuangan dalam mendirikan negara bangsa ini tercatat dalam sejarah bagaimana para pendahulu memberikan yang terbaik dan mengorbankan dirinya. 

"Pancasila telah disepakati sebagai konsensus bersama sudah bersifat final dan tidak dapat diganti karena sudah sesuai dengan kultur dan naturnya negara bangsa ini, saat ini kita harus mengantisipasi adanya upaya-upaya  mengganti dasar negara kita, ini tentu tidak dapat dibenarkan dengan alasan apapun," imbuhnya.

Menurut dia, upaya-upaya mencoba mengganti dasar dan bentuk negara haruslah disikapi oleh seluruh elemen masyarakat di Indonesia, pemerintah dan aparatur-aparatur hukum dengan tegas. 

"Negara ini sudah lahir dengan dasar yang sangat kuat dan Pancasila telah menjadi kesepakatan bersama para pendiri bangsa, apabila ada upaya-upaya yang demikian maka pemerintah harus bersikap tegas," tandasnya.

Chrisman menambahkan, seluruh rakyat Indonesia harus bergotong royong melawan upaya-upaya mengubah dasar dan bentuk negara karena menjadi  tugas sejarah setiap insan di bumi nusantara. 

"Jangan menjadi bangsa yang lupa dan terlupakan akan sejarah. Tahapan panjang dalam mendirikan negara bangsa ini dan Pancasila tentu harus menjadi pijakan berpikir tiap-tiap warga negara," pungkasnya.

17 Juni 2017   13:37 WIB
Redaktur : Administrator

Bagikan :

Komentar Anda