Lawan Covid-19, GMNI Cimahi Lakukan Rapid Test Massal

Lawan Covid-19, GMNI Cimahi Lakukan Rapid Test Massal

Beberapa minggu belakangan ini masyarakat Indonesia sedang menghadapi COVID-19 yang menjadi pandemi dunia sehingga mengakibatkan banyaknya korban jiwa. Berdasarkan data yang dikeluarkan pemerintah jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 1.414 pasien dan rasio kematian mencapai 8,63 persen.

Menurut analisis kesehatan COVID-19 menjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) yang harus segera bisa ditangani. COVID-19 juga dikategorikan sebagai sebuah virus yang berbahaya karena penularannya yang terhitung cepat. Ini yang menjadi salah satu penyebab pesatnya kenaikan jumlah angka kasus penyebaran COVID-19

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menangani COVID-19 ini, diantaranya adalah:

  1. Physical distancing
  2. Mencuci tangan dengan sabun minimal 20 detik
  3. Istrahat yang cukup
  4. Memakan makan bergizi
  5. Penyemprotan desinfektan di tempat-tempat yang rentan terpapar virus
  6. Rapid-test COVID-19 massal

Dari berbagai upaya pencegahan dan penangan tersebut maka muncul sebuah kesadaran, sehingga medorong kader GmnI Cabang Kota Cimahi untukmelakukan sebuah gerakan dengan cara ikut berperan dalam melakukan upaya penangan yaitu melakukan Rapid-test COVID-19 massal di Greja GBI Lembang, Kab. Bandung Barat. Kegiatan tersebut diakukan mulai dari hari Senin, 30 Maret 2020 sampai dengan Rabu, 1 April 2020.

“Saatnya seorang mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam ruangan kelas, masyarakat butuh itu serta pembuktian dari mahasiswa”, ujar Aqshal Run For Happy, relawan SATGAS COVID-19 GmnI cabang Kota Cimahi.

Lingga Pangestu Mahardhika ketua GmnI Cabang Kota Cimahi menuturkan bahwa berada di garda terdepan bersama rakyat dalam rangka Rapid-test COVID-19 ini adalah sebuah upaya membangun gerakan dari hal terkecil. “Kita mulai membangun grakan dari hal terkecil yang sedikitnya bisa meringankan beban masyarakat dan sudah seharusnya ada tindakan konkret yang dilakukan oleh mahasiswa untuk gotong royong dalam upaya melawan COVID-19 yang terjadi di Indosesia”, ujarnya.

Fitrah

Kepala Badan Bidang Informasi Dan Komunikasi DPP GMNI

Leave a Reply