Perempuan Adalah Pilar Bangsa

0
93

Oleh: Risna Sijabat, Mahasiswi Ilmu Politik Universitas Jambi sekaligus Kader GMNI Cabang Jambi

  “ Wanita adalah tiang negara, jika baik wanitanya maka baiklah negaranya dan jika rusak wanitanya maka rusak pula negaranya”. Jujur saat pertama kali penulis mendengar kalimat ini, hati ini seakan menangis menyadari bahwa tugas dari wanita itu tidak semudah membalikkan telapak tangan , tugas dari wanita itu sangat berat. Kenapa penulis mengatakan bahwa tugas dari wanita itu berat?. Ya, karena negara adalah taruhannya. Sebab dari wanita lah lahir para pemimpin dan pelurus bangsa dimasa yang akan datang. Fate suatu bangsa tidak semata – mata tergantung pada seperti apa pemimpin negara yang memimpinnya sekarang, tetapi ini lebih kepada bagaimana kaum wanita nya yang telah mendidik, mendukung dia dari belakang.

     Salah satu tokoh yang mempunyai karya perubahan terbesar dalam pembangunan emansipasi wanita di Indonesia pertama sekali adalah Raden Ajeng Kartini, Beliau telah memberikan sebuah kesadaran yang mendalam terutama kepada wanita yang ada di Indonesia mengenai pentingnya peran dari wanita dalam hal membangun dan memajukan bangsa. Tanpa jasa beliau ini mungkin perempuan hanya bertugas di dapur, sumur dan kasur saja sampai dunia berakhir. Tetapi Karena perjuangan Raden Ajeng kartini dalam hal emansipasi wanita inilah derajat laki- laki dan perempuan setara, laki- laki kerja kantoran wanita juga bisa, laki- laki jadi pengusaha sukses, wanita juga bisa jadi pengusaha sukses. Dan  kesetaraan gender antara laki –laki dan perempuan sudah ada. itu sudah terbukti dengan terpilihnya Megawati Soekarno Putri sebagai presiden Republik Indonesia.

     Patut kita syukuri juga , di Negara kita ini perempuan telah memasuki zaman merdeka. Secara umum, bahwa partisipasi dari perempuan dalam mewujudkan peradaban bangsa Indonesia sudah menjalar luas tanpa adanya hambatan dari pihak manapun. Negara Indonesia sudah memberikan kesempatan yang sama ( kesetaraan) dengan laki- laki untuk menempuh pendidikan dan berkiprah di semua bidang ( Pendidikan, Ekonomi, Kebudayaan, Sosial, dll) tanpa adanya diskriminasi. Peran dari Perempuan Indonesia saat ini tidaklah diragukan lagi, sampai saat ini telah banyak prestasi yang diukir oleh Perempuan- perempuan di berbagai bidang, baik di bidang politik, sosial, budaya, keamanan, ilmu pengetahuan maupun teknologi dan pertahanan dan juga pemberdayaan terhadap perempuan.

     Gubernur Jakarta mengatakan Bahwa “ Perempuan di Indonesia memiliki peran yang sangat besar, Pilar dari sebuah bangsa itu ada di tangan perempuan. Makanya partisipasi perempuan bukan sekadar dalam rumah tangga, tapi juga dalam bangsa “. Kini para wanita harus banyak berperan aktif, khususnya dalam pembangunan ( Karena perempuan lah yang justru  mewarnai dampak dari pembangunan )  dan dalam perpolitikan yang ada di Indonesia, ini diperkuat juga dalam Undang- Undang Nomor 2 tahun 2011 Tentang Partai Politik yang mewajibkan keterwakilan  caleg perempuan sebanyak 30 persen.

     Perempuan yang sukses dalam karier serta mampu menjalin keharmonisan dalam keluarga sekaligus berhasil mendidik putra- putrinya menjadi pribadi yang berprestasi merupakan perempuan yang tangguh sebagai kekuatan dan terus berkembang untuk memajukan Negara (Yohana). Kita mengetahui sendiri bahwa wanita adalah bahagian dari masyarakat juga, tetapi seluruh masyarakat yang ada di dunia ini terlahir dari  sosok yang bernama wanita. Jadi disini wanita dituntut keras untuk jadi “ WANITA BIJAK”  sebab disinilah wanita akan menentukan bentuk wajah maupun sebuah peradaban dari suatu negara. Kalau detik ini kita masih menilai betapa rusaknya moral anak bangsa saat ini, maka disinilah para ibu perlu mengevaluasi diri secara detail terhadap peran yang dilakukan selama ini.

Wanita Indonesia, kewajibanmu telah terang ! sekarang ikutlah, serta mutlak dalam usaha menyelamatkan Republik dan nanti jika Republik sudah selamat, ikutlah serta- mutlak dalam menyususn negara nasional (Bung Karno)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here