DPP GMNI: PEMERINTAH HARUS MELESTARIKAN BUDAYA SEBAGAI OBJEK WISATA

0
337

Pemerintah  harus segerah melestarikan budaya sebagai warisan yang di tinggalkan oleh leluhur,  sebab Indonesia di kenal  kaya akan budaya dan kekayaan  alam, banyak Budaya yang bisa di jadikan sebagai distinasi wisata, sebab dengan harus Globalisasi yang kini telah merosot, jikalau kita  tidak menyadari akan budaya kita, maka kita akan kehilangan budaya kita sesuai.

Undang-Undang (UU) No 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan dimana didalamnya terdapat dorongan kepada pemerintah, Terutama Pemerintah daerah untuk melakukan upaya pelestarian dan pemeliharaan aset-Aset budaya secara berkelanjutan.

Hal ini Disampaikan Oleh ketua DPP GMNI, bidang pariwisata Dan kebudayaan, Yoel Finsa Ulimpa, saat menghadiri kegiatan Pelantikan pengurus cabang GMNI Tana Toraja setelah itu iya berkujung ke tempat peninggalan zaman megalitikum etnis toraja tempat proses upacara adat Pemakaman jenazah dengan bahasa daerah yaitu ( rambu solo ).

Bukan hanya itu saja, tetapi banyak peninggalan – peninggalan yang di tinggalkan oleh moyang “ dulu dan sampai hari ini masih ada. dan masih banyak wisata Alam yang belum di  ekspos sanpai ke kanca internasional, Tana Toraja memang bisa di angkat dan di dorong sebagai Kota Budaya sebab pada umumnya masyarakat Tano Toraja masih menjaga dan melestarikan bubudaya

Iya Menjelaskan Bahwa warisan ini perlu di angkat dan di dorong sembagi destinasi warisan budaya yang tidak perlu di hilangkan karena ini benar – benar menujukan jati diri kita dari mana kita berasal dari situ.

Namun, kurangnya perhatian masyarakat atas aset-aset kebudayaan, membuat pemerintah perlu turun tangan untuk aktif melestarikan dan terus memelihara aset-aset kebudayaan yang penting bagi peradaban dan eksistensi Indonesia sebagai bangsa. Jika kita tidak segera ambil tindakan maka aset-aset kebudayaan yang penting tersebut berpotensi lenyap.

“Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kebudayaan dan pemerintah daerah harus segera ambil tindakan untuk menyelematkan aset-aset kebudayaan kita. Sehingga kita tak terlambat dan kehilangan banyak warisan nenek moyang kita,”ujar Ketua DPP GMNI, Bidang Pariwisata dan Kebudayaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here